Home » » SOFTWARE RAPORT KURIKULUM 2013 UNTUK SMA

SOFTWARE RAPORT KURIKULUM 2013 UNTUK SMA

Written By SMA Negeri 3 Pangkalpinang on Rabu, 07 Mei 2014 | 22.40

SOFTWARE RAPORT KURIKULUM 2013 UNTUK SMA

Kini akhirnya LHB dan Raport SMA dah siap di launching...! LHB SMA kurikulum 2013 udah dalamnya mengolah nilai dari 3 aspek.

1.   Pengolahan Nilai Sikap
Mengolah nilai sikap yang terdiri dari 8 sikap yakni Sikap Spiritual, Jujur, Disiplin, Tanggung jawab, Toleransi, Gotong Royong, Sopan dan santun serta sikap Percaya Diri. Nilai sikap ini diperoleh dari 3 penilai yakni, penilaian Diri Sendiri siswa, Penilai Antar Teman, dan Penilaian oleh Guru. Format yang tersedia bagi ketiga penilai adalah untuk 5 kali penilaian dalam satu semester. Ini sungguh luar biasa jika dikerjakan secara manual.

Nilai Akhir dari penilaian sikap ini diberikan porsi masing-masing dengan persentase yang bisa diisi oleh guru mata pelajaran dari setiap Sikap yang kemudaian diakumulasi rata-rata dari semua sikap. Hasil Akhir Nilai sikap berupa angka 1-4 , huruf mutu, dan deskripsi yang muncul secara otomatis berdasarkan penilaian guru. Sehingga guru tidak perlu membuat deskripsi dari Nilai Sikap.

2.  Pengolahan Nilai Keterampilan
Pendidik menilai kompetensi keterampilan melalui penilaian kinerja, yaitu penilaian yang menuntut peserta didik mendemonstrasikan suatu kompetensi tertentu dengan menggunakan tes praktik, projek, dan penilaian portofolio. Format yang tersedia dapat digunakan untuk 12 kali penilaian. Dari 12 kali atau berapaun penilaian yang dilakukan guru akan ditemukan rata2 dari masing-masing penilaian. Nilai akhir diperoleh setelah guru memberi persentase pada proporsi nilai akhirnya.

Nilai Akhir berupa nilai angka 1-4, huruf mutu, A-D, dan deskripsi setiap siswanya. Deskripsi akan muncul seiring dengan besarkecilnya nilai yang diberikan guru. Jadi guru tidak perlu membuat deskripsi lagi, tapi kalau merasa kurang pas atau kurang panjang deskripsinya bisa dilakukan sendiri.

3.  Pengolahan Nilai Pengetahuan
Pada prinsipnya pengolahan nilai ini sama dengan sebelumnya, tapi dalam penilaian pengetahuan setiap KD atau setiap ulangan harian ada KKM nya. Sehingga akan mudah diketahui, pada KD mana yang belum tuntas. Setiap KD harus dituliskan deskripsi singkatnya dalam software ini. Ketuntasan dan ketidaktuntasan akan muncul dalam deskripsi secara otomatis.

Pada Penilaian pengetahuan ada 3 aspek yang dinilai yakni Tes tertulis, Tes Lisan, dan Penugasan. Dari ketiga aspek yang dinilai ini diberikan proporsi dengan persentase untuk menentukan nilai akhir. Hasil Akhir yang diperoleh adalah berupa angka 1-4, huruf mutu A-D, dan deskripsi berdasarkan nilai yang dieroleh siswa masing-masing. Jadi guru juga tidak perlu menulis deskripsi hingga tangannya pegel-pegel he he he...

Artinya dengan LHB ini seorang guru tinggal mengirim soft copy atau printoutnya kepada wali kelas. Nah kalau sekolah juga memakai software Raport yang telah saya rancang ini, maka wali kelas tinggal copy paste dari LHB masing-masing guru ke format yang telah disediakan dalam format Raport.

Dengan Software Raport dan LHB ini, Buku Induk bisa dicetak juga tidak perlu menulis lagi. Tentunya TU ya ada kontribusinya yakni ada data siswa secara lengkap seperti dalam format buku induk. Dengan kata lain, pemanfaatan IT dalam mengolah nilai dapat membantu salah satu pekerjaan guru. Jika sekolah telah menerapkan penilaian berbasis IT, maka penyerahan Raport Bukan Masalah...

Ini adalah salah satu kreatifitas seorang guru. Semoga anda adalah bagian dari para guru yang menghargai karya seorang guru. Jika berminat silahkan pesan (081379363886) ga mahal kok kalau dibandingkan dengan pekerjaannya. Jika anda pesan data yang dibutuhkan akan di sms ke nomor anda.
Semoga bermanfaat.
by karjono natar

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SMA Negeri 3 Pangkalpinang - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger